Penerapan Model Quantum Teaching dalam Pembelajaran Himpunan di Kelas VII SMP Inshafuddin Banda Aceh
DOI :
Date : 30 May 2019
Quantum teaching merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat difasilitasi guru pada pembelajaran matematika, misalnya materi himpunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model quantum teaching pada materi himpunan di kelas VII SMP Inshafuddin Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian rancangan One Group Post-test Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Inshafuddin Banda Aceh yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dipilih secara random sampling atau acak, dan terpilih kelas VII-A yang terdiri 30 siswa. Eksperimen dilaksanakan sebanyak 4 kali yaitu pembelajaran materi himpunan. Penelitian berupa 10 soal essay materi himpunan yang diberikan pada akhir pertemuan. Hipotesis penelitian adalah hasil belajar siswa melalui penerapan model quantum teaching dalam pembelajaran himpunan di kelas VII SMP Inshafuddin Banda Aceh dapat melebihi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal = 75). Untuk menguji hipotesis penelitian ini digunakan uji-t pihak kanan. Hasil analisis data di peroleh yaitu hasil belajar siswa pada materi himpunan dengan menggunakan model quantum teaching dapat melebihi KKM. Dengan demikian, guru diharapkan dapat menerapkan model quantum teaching pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi himpunan sehingga pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan siswa lebih termotivasi untuk belajar.ÃÂ Kata Kunci: ÃÂ ÃÂ ÃÂ Hasil Belajar, Model Quantum Teaching, Materi Himpunan.